Kamis, 14 Maret 2019

Tips Cepat Miliki Rumah di Wilayah Jakarta Timur

Jakarta sebagai barometer bisnis dan ekonomi Tanah Air memang masih menjanjikan jika dilihat sebagai tempat berinvestasi. Di ibukota, pengembangan koridor timur terlihat semakin mapan dengan semakin lengkapnya infrastruktur  seperti tol Becakayu dan keberadaan Light Rail Transit (LRT).
Tak heran jika pangsa pasar properti dan harga rumah tapak di Jakarta Timur semakin hari semakin prospektif.  Utamanya jika Anda melihat potensi rumah tapak kelas menengah keatas yang masih terbuka lebar.

Wilayah Jakarta Timur juga banyak dilirik oleh para pengembang untuk menggarap proyek-proyek besar dengan target mencaiptakan kawasan terpadu antara hunian, bisnis serta komersil. Dengan lahan yang masih terbuka luas dan harga jual yang masih lebih rendah dibanding Jakarta Selatan, geliat pasar properti pun terlihat dinamis.

Jika melihat melalui kacamata investasi properti, maka hunian di daerah administrasi ini sudah mencukupi syarat. Lihat saja di kawasan Pasar Rebo yang menaungi sekitar 90 perusahaan internasional yang menjanjikan prospek dari tenaga ahli dan ekspatriat dari luar negeri yang membutuhkan hunian.

Maka dari itu, segeralah miliki rumah di Jakarta Timur agar Anda tak ketinggalan peluang investasi menjanjikan ini. Anda bisa dengan cepat memiliki rumah dijual di Jakarta Timur untuk aset ataupun untuk ditempati sendiri. Berikut tips yang bisa Anda terapkan;

Cari Rumahnya
Manfaatkan keberadaan portal properti online untuk memudahkan pencarian properti sesuai kriteria. Gunakan segala fitur yang ada untuk mencari rumah yang paling sesuai dengan kriteria rumah buruan Anda. manfaatkan filter yang ada.

Diskusikan
Anda sebaiknya tidak memutuskan segalanya sendiri. Dua kepala bisa lebih baik daripada satu kepala. Coba diskusikan dengan keluarga, pasangan atau bahkan rekan yang sekiranya patut untuk Anda mintai pertimbangan.

Diskusikan tentang kondisi rumah, jalan akses, keamanan sampai lokasi sekolahfavorit yang mungkin dituju oleh anak-anak Anda kelak. Anda juga bisa berkunjung ke rumah kenalan yang ada di sekitar lokasi tersebut untuk menanyakan pengalaman mereka di sana.

Survey
Melihat deskripsi, foto maupun video yang diunggah penjual di internet saja tidak akan cukup untuk mengetahui dengan benar seperti apa rumah yang akan Anda tempati. Maka dri itu, datangi langsung lokasi untuk merasakan sensasi dan hawa yang dimiliki rumah tersebut.

Bayar Tanda Jadi
Setelah Anda merasa benar-benar sreg dengan rumah yang Anda kunjungi, lanjutkan dengan pembayaran tanda jadi agar rumah tersebut tidak dibeli oleh orang lain. Ini juga menghindarkan Anda dari penjual yang menaikkan harga setelah Anda berpaling.

Biasanya, penjual maupun developer menerapkan standar sendiri sehubungan dengan uang tanda jadi. Beberapa dari mereka akan memberi batas waktu agar Anda segera membayar uang muka. Jika tidak segera membayar DP maka tanda jadi dianggap hangus karena tidak jadi beli..

Bayar Uang Muka
Ada beberapa penjual dan pengembang yang meng-incude uang tanda jadi ke dalam DP, namun ada pula yang tidak. Uang muka ini menjadi pembayaran awal yang Anda tunaikan pada penjual. Selanjutnya, ketika pembayaran uang muka dianggap sah, Anda sebenarnya sudah memiliki hak atas rumah pilihan itu. Sisanya dibayar melalui KPR.

Ajukan KPR
Ketika pembayaran uang muka dianggap sudah selesai, selanjutnya Anda bisa mengajukan KPR pada pihak Bank. Dalam tahap ini,biasanya pihak developer akan membantu Anda dalam mengurus pengajuan KPR pada bank yang telah menjalin kerjasama. Namun jika Anda memilih bank lain selain partner pihak developer, Anda harus mengurus KPR tersebut sendirian.

Sejumlah persyaratan dalam pengajuan KPR yang perlu Anda siapkan antara lain
fotokopi rekening koran (semua tabungan)
surat keterangan kerja (karyawan tetap min. 2 tahun)
slip gaji 3 bulan terakhir
fotokopi dokumen pribadi (KTP, KK, dan Surat Nikah)
Lamanya durasi persetujuan KPR ini umumnya memakan waktu sekitar 1 bulan dimana selama masa ini, pihak Bank melakukan survey ke lokasi kerja Anda, cek riwayat kredit Anda dan istri tidak masuk blacklistdi Bank Indonesia serta berbagai catatan kredit yang pernah Anda lakukan sebelumnya.

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan dalam pengajuan ini yaitu kemampuan keuangan Anda menurut penilaian dari pihak bank. Biasanya pihak bank akan memberikan syaratcicilan tertinggi adalah 30% dari gaji total. Namun sebagian bank juga mengijinkan persentase ini didapat penggabungan gaji Anda dan istri.

Dana Tambahan
Sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah, tentunya Anda dan keluarga sudah menyadari akan adanya sejumlah biaya tambahan terkait dengan proses jual beli yang dilakukan. Anda pun perlu menyiapkan anggaran khusus diluar harga pembelian rumah itu sendiri. Biaya lain-lain ini diantaranya biaya untuk Ppn, biaya pengajuan KPR, biaya BPHTB dan lain sebagainya.

Demikianlah cara yang bisa Anda terapkan untuk segera memiliki rumah di kawasan potensial di Jakarta Selatan menggunakan cara KPR. Anda memang harus sedia uang muka untuk segera mengeksekusi rumah dijual di Jakarta Timur dengan segera dimana sisanya bisa Anda cicil.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Cepat Miliki Rumah di Wilayah Jakarta Timur
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.