Minggu, 20 Januari 2019

Selain Perut Membesar, Inilah Tanda Kehamilan Secara Fisik

Penantian kehadiran buah hati semakin dekat setelah menginjak masa kehamilan. Agar bayi sehat sejak di dalam kandungan, ketahuilah kehamilan sejak awal. Selain perut yang membesar, berbagai tanda kehamilan secara fisik ini mampu mendeteksi apakah Anda benar-benar sedang hamil atau tidak. Cermatilah beberapa tanda fisik di bawah ini.

1. Perubahan pada Payudara
Tanda kehamilan memang harus diketahui sedari awal. Hal ini sangat diperlukan demi menjaga kesehatan ibu dan janin sejak periode awal kehamilan. Dengan mengetahui tanda kehamilan sejak awal, Anda juga lebih mudah dalam beradaptasi dengan kondisi fisik yang terjadi. Salah satunya adalah perubahan pada payudara.

Saat hamil, payudara menjadi lebih besar sejak dua minggu pertama kehamilan. Payudara juga menjadi lebih berisi dan lembut sebagai proses alami untuk persiapan memproduksi ASI. Selain itu, ciri payudara tanda hamil adalah jadi lebih sensitif dengan nyeri yang terasa. Penyebab semua itu adalah hormon estrogen yang meningkat ketika kehamilan terjadi.

2. Nyeri Perut
Nyeri perut adalah salah satu bagian dari tanda kehamilan. Jika Anda mengalaminya di perut bagian bawah menjalar sampai ke pinggang, maka itu tandanya Anda sedang hamil. Hal ini disebabkan oleh rahim yang mengembang dan mendesak otot abdomen, sehingga menekan lambung. Setelah hal ini terjadi, segera periksa dan konsultasikan ke dokter.

3. Keluar Flek
Pendarahan  kecil yang biasa dikenal dengan flek darah tidak jarang diartikan sebagai darah menstruasi. Meskipun mirip, flek darah karena hamil mempunyai ciri yang berbeda. Umumnya, flek darah karena kehamilan berwarna lebih pucat dibandingkan darah haid. Terjadinya flek tersebut timbul akibat implantasi embrio ke dinding rahim.

4. Sering Buang Air Kecil
Meningkatnya frekuensi buang air kecil menjadi pertanda kehamilan. Penyebabnya adalah adanya tekanan di kandung kemih karena pertumbuhan janin di dalam rahim. Meskipun kondisi ini melelahkan, janganlah menahan buang air kecil agar tidak meracuni janin. Berasabarlah dengan kondisi ini dan cobalah untuk beradaptasi.

5. Indera Penciuman Lebih Tajam
Pasti Anda pernah mendapati kasus ibu hamil yang lebih sensitif terhadap bau, baik itu bau yang sedap, maupun yang tidak sedap. Hal tersebut memang benar adanya. Salah satu tanda kehamilan adalah indera penciuman jadi lebih tajam. Akibatnya, Anda lebih mudah merasa tidak nyaman, terlebih jika bau tersebut menyebabkan mual dan muntah.

Dengan penciuman yang lebih tajam ini, Anda harus pandai dalam mengatasinya. Hindarilah aroma yang terlalu menyengat. Bawalah aroma yang Anda sukai, seperti minyak aromaterapi, wangi bunga alami, dan sebagainya yang mampu mengalihkan aroma yang tidak disukai.

Itulah beberapa hal yang harus dicermati selain perut yang membesar sebagai tanda utamanya. Dengan mengetahui berbagai tanda kehamilan secara fisik, Anda dapat mengontrol kesehatan sejak awal. Selebihnya, gejala fisik lain yang lebih detail dapat dilihat di Orami Magazine. Info lengkapnya sangat membantu Anda memahami tanda kehamilan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Selain Perut Membesar, Inilah Tanda Kehamilan Secara Fisik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.