Senin, 31 Desember 2018

Tips Menyiapkan MPASI 6 Bulan Pertama untuk Sang Buah Hati

Ketika si kecil sudah mulai menginjak usia 6 bulan, maka sudah waktunya bagi Anda untuk mulai memberikan makanan pendamping ASI untuk sang buah hati. Meskipun begitu Anda juga harus berhati-hati dalam memberikan MPASI untuk sang buah hati. Nah berikut beberapa tips menyiapkan MPASI 6 bulan pertama untuk sang buah hati.


Menu MPASI Pertama Buah atau Bubur?
Pada dasarnya tidak ada aturan khusus mengenai jenis makanan apa yang harus diberikan pada si kecil selama 6 pulan pertama. Namun ketika Anda memiliki bayi dengan berat yang normal, maka berikan buah terlebih dahulu. Sedangkan untuk bayi yang kurus sebaknya berikan buah yang dicampur dengan serealia.

Mengapa demikian? Pasalnya ketika MPASI 6 bulan sang buah hati dimulai dengan buah, biasanya mereka cenderung lebih sulit untuk mengonsumsi serealia. Selain itu dengan memberikan MPASI buah yang bayak mengandung fruktosa dapat cita rasa bayi terhadap rasa manis. Oleh sebab itu, pilihlah buah yang tidak terlalu manis.

Pasalnya dengan memberikan MASPI pertama pada sang buah hati yang didominasi dengan rasa yang terlalu manis, nantinya akan membuat sang buah hati menjadi menolak untuk mengonsumsi makanan yang tidak terlalu manis. Jadi pastikan Anda memperhatikan asupan MPASI untuk sang buah hati dengan baik ya.

Hindari Memberi Penambah Rasa
Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ketika akan mulai memberikan makanan pendamping ASI untuk sang buah hati adalah dengan menghindari memberi dan menggunakan penambah rasa. Sebaiknya jangan pernah gunakan garam, gula, dan berbagai zat lainnya pada MPASI sang buah hati.
Mengapa harus demikian? Sebab pada menu MASPI untuk 6 bulan pertama, si kecil baru akan belajar makan. Rasa makanannya harus hambar dan memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu Anda juga harus membuat menu MASPI dari makanan yang tidak memicu dan menimbulkan alergi.

Nutrisi yang Dibutuhkan
Ketika akan menyiapkan menu MPASI untuk sang buah hati, pastikan bahwa menu tersebut mampu memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil. Beberapa nutrisi yang wajib terkandung dalam MPASI tersebut antara lain karbohidrat, lemak, vitamin, protein, zat besi, asam folat, fosfor, dan lain sebagainya.

Namun jika Anda ingin meningkatkan berat badan sang buah hati yang terlalu kurus, tak ada salahnya Anda menambahkan daging dan hati pada menu makanan pendamping ASI-nya. Pasalnya jenis makanan yang satu ini sangat efektif untuk menaikkan berat badan sang buah hati.

Penggantian Menu Makanan
Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah penggantian menu makanan. Sebaiknya penggantian menu jangan dilakukan terlalu lama. Setelah beberapa hari diberi serelia, maka kemudian beralihlah dengan memberikan buah. Hal ini bermanfaat agar si kecil tidak mudah merasa bosan dan mau makan.

Selain itu terkadang Anda juga diperbolehkan memberikan MPASI untuk sang buah hati dari sayur. Meskipun begitu, sebaiknya Anda tetap memilih sayur yang segar, berwarna hijau tua atau kuning, dan tidak terlalu banyak mengandung pestisida.

Cara Menyiapkan Makanan
Makanan pendamping ASI untuk si kecil sebaiknya dilah dengan cara dikukus atau direbus. Pastikan Anda menghindari memberikan MASPI dengan cara digoreng. Sebab hal ini dapat menyebabkan batuk dan radang tenggorokan. Selain itu, pastikan MPASI si kecil tidak terlalu padat sehingga lebih mudah dicerna oleh sang buah hati.

Itulah beberapa cara menyiapkan MPASI 6 bulan pertama untuk sang buah hati agar mau makan. Jadi sudah tidak bingung lagi bukan bagaimana cara menyiapkan MPASI yang baik dan benar? Pastikan Anda memperhatikan tips di atas agar proses tumbuh kembang si kecil dapat berjalan dengan lancar.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Menyiapkan MPASI 6 Bulan Pertama untuk Sang Buah Hati
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.