Jumat, 28 Desember 2018

Konsumsi Vitamin Ini untuk Generasi Maju

Saat dalam masa kehamilan, janin dalam kandungan akan melalui berbagai perkembangan setiap minggunya. Untuk itu, sebaiknya ibu memenuhi kebutuhan asupan nutrisi serta vitamin untuk ibu hamil dalam jumlah yang cukup. Nutrisi yang baik tentunya akan berperan dalam mendukung setiap tumbuh kembang janin. Pada trimester pertama kehamilan, merupakan minggu-minggu penting bagi Ibu dan calon buah hati, tentu kebutuhan nutrisi harus selalu tercukupi. Kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan dapat dipenuhi dengan baik dengan konsumsi jenis makanan yang tepat untuk menumbuhkan generasi maju https://www.generasimaju.co.id/.

Berikut merupakan beberapa kebutuhan vitamin yang dapat ibu penuhi selama kehamilan guna menumbuhkan generasi maju.
1. Vitamin C
Vitamin C tentunya penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta menurunkan risiko infeksi yang diakibatkan bakteri dan virus. Vitamin yang satu ini perlu untuk di perhatikan karena dapat membantu menjaga daya tahan tubuh ibu hamil. Vitamin C juga berperan dalam melindungi sel serta membantu menjaga janin tetap sehat sehingga bisa menumbuhkan generasi maju. Selain itu, vitamin C juga dapat melindungi janin dari terjadinya gangguan perkembangan mental. Asupan vitamin C bisa didapat dari buah jeruk, stroberi, pepaya, serta sayuran seperti brokoli, dan tomat. Jika ingin mengolah sayur atau buah-buahan dalam suatu menu, sebaiknya tidak dimasak terlalu lama karena bisa mengurangi kadar nutrisi dalam bahan makanan.

2. Vitamin D dan Kalsium
Nutrisi tersebut dibutuhkan ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin. Vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari pagi, sehingga ibu bisa berjalan-jalan saat pagi secara rutin. Selain dari matahari, ibu juga bisa mendapatkan vitamin D dari asupan ikan sarden, telur, dan daging merah. Asupan dari produk olahan susu serta beberapa sayuran hijau seperti brokoli juga bisa membantu memberikan asupan kalsium bagi ibu dan janin. Selain dapat melancarkan peredaran darah, kalsium juga bisa membantu kerja sistem otot dan saraf.

3. Vitamin A
Vitamin A dibutuhkan untuk perkembangan penglihatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh janin sehingga menumbuhkan generasi maju. Ibu juga bisa mendapatkan vitamin A dari asupan sayuran serta buah-buahan yang dikonsumsi. Namun sebaiknya hindari untuk konsumsi hati serta produk turunannya seperti minyak hati ikan kod. Hal itu karena kandungan vitamin A yang terlalu tinggi dalam produk tersebut, nantinya dapat membahayakan kehamilan.

4. Asam Folat
Asam folat juga dirasa sangat penting untuk kehamilan pada trimester pertama jika ibu ingin memiliki generasi maju. Zat tersebut bisa membantu mencegah kelainan yang bisa terjadi pada otak dan sumsum tulang belakang. Asam folat juga bisa memperoleh makanan yang mengandung banyak asam folat dari sayuran hijau, dan buah sitrus seperti jeruk.

5. Zat Besi
Selama masa kehamilan, ibu akan merasa cepat lelah serta berisiko tinggi mengalami anemia. Hal ini tentunya dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, bahkan menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah an menghalangi tumbuhnya generasi maju. Karenanya dibutuhkan lebih banyak zat besi untuk meningkatkan jumlah darah di dalam tubuh. Kebutuhan zat besi bisa dicukupi dengan cara konsumsi daging tanpa lemak, sayuran, buah kering, serta kacang-kacangan dalam menu harian.

Penting bagi ibu yang dalam masa kehamilan untuk mendapatkan nutrisi tepat dalam membantu tumbuh kembang janin yang sehat sehingga bisa menumbuhkan generasi maju. Meski begitu sebaiknya tidak sampai berlebihan dalam mengonsumsi nya, hanya boleh mengonsumsi multivitamin dalam jumlah secukupnya. Anda juga bisa konsultasikan dengan dokter kandungan sebelum memutuskan mengonsumsi beberapa vitamin untuk ibu hamil tertentu. Hal tersebut dilakukan agar ibu tahu dosis vitamin yang pas untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Konsumsi Vitamin Ini untuk Generasi Maju
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.