Rabu, 14 November 2018

Cara Desain Gambar Untuk Kaos Print DTG

Kalau kamu melihat perkembangan jaman sampai saat ini teknologi untuk cetak kaos sudah semakin berkembang pesat , kalau dulunya kita mengenalnya dengan membuat sablon kaos dengan cara manual, sekarang sudah serba digital. Sablon kaos sendiri yang dulu kita kenal sebenarnya tentu sampai sekarang masih dipakai, itu karena masih banyak juga yang memerlukan teknik ini sebagai kebutuhan cetak kaos. Kalau sablon manual menggunakan alat sablon yang serba manual, kalau cara print kaos sudah pasti menggunakan Printer DTG. Cara menyablon kaos juga terbilang sangat sulit karena harus melakukan beberapa tahapan seperti membuat cetakan atau model gambar pada screen. Selain itu alat sablon yang digunakan juga cukup banyak seperti menggunakan cetakan yang di print diatas kertas kalkir sebagai bahan cahaya untuk membuat model gambar pada kain yang akan kita cetak.

Saat menentukan resolusi dan optimasi untuk menghasilkan print kaos dengan printer dtg memang agak sedikit rumit. Kadang kita sudah membuat desain yang sudah bagus tapi saat kaos selesai dicetak hasilnya kurang bagus dan kurang maksimal. Dan masih banyak terjadi kebingungan saat menentukan resolusi optimal untuk gambar atau desain yang akan kita cetak menggunakan metode print Direct-to-Garment atau DTG.

Secara konsep, bisnis sablon atau print kaos dtg ini sangat mudah dan menggiurkan untuk dijalani dan kamu tidak perlu menguasai semua hal di dunia sablon. Anda hanya perlu mengetahui hal-hal yang simpel saja, seperti cara menggunakan dan membuat desain. Berikut ini cara membuat desain sablon kaos dengan DTG:

Pertama kamu harus memiliki 2 pilihan untuk membuat desain, kamu juga bisa membuat desain itu sendiri langsung melalui aplikasi editor foto, atau kamu mencari di internet. Namun yang kami jelaskan disini adalah desain yang kamu cari di internet. Langkah pertama yang anda ketik atau cari kata kunci desain sablon kaos yang kamu inginkan melalui mesin pencari. Kamu bisa memilih salah satu gambar dengan ukuran gambar yang besar. Karena jika ukuran file tersebut terlalu kecil, saat di cetak akan pecah dan hasilpun tidak jadi maksimal.

Yang kedua, pindahkan gambar desain sablon-nya pada aplikasi editor seperti photoshop, coreldraw dll. Jika desain gambar kamu memiliki background, anda harus menghilangkanya. Karena yang akan diambil dan di cetak pada kaos hanya bagian design gambarnya saja, tidak termasuk backgroundnya.

Lalu itu simpan gambar yang sudah dihilangkan backgroundnya dengan format PNG. Setelah gambar di save, masukan gambar yang telah kamu edit ke dalam aplikasi AcroRIP. Kamu juga bisa mengatur ukuran desain gambar sesuai ukuran yang kamu inginkan. Gambar desain untuk sablon kaos ini jangan sampai melebihi garis berwarna merah. Setelah settingan sudah sesuai, kamu bisa memulai untuk mencetak desain tersebut pada kaos. Untuk kaos bewarna gelap, anda harus mencetak dengan tinta putih dulu sebagai dasarnya

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Desain Gambar Untuk Kaos Print DTG
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.