Senin, 24 September 2018

Haruskah Isi Freon Setiap Cuci AC? Berikut Penjelasannya

Seringkali ketika menyewa jasa cuci AC, maka mereka menanyakan untuk menambah atau mengisi freon. Hal ini seringkali menjadi dilema bagi sebagian orang untuk mengisinya atau tidak. Bahkan kondisi ini juga seringkali menimbulkan tanda tanya di benak banyak orang. Haruskah isi freon setiap cuci AC? Berikut akan dijelaskan lebih detailnya.

Manfaat Rutin Mencuci AC
Hal pertama yang mesti Anda ketahui adalah manfaat dari mencuci AC ini sendiri terutama ketika dilakukan secara rutin. Manfaat pertama yang bakal Anda dapatkan adalah akan menjaga kemampuan AC supaya tetap dingin. Hal ini sangat penting apabila mengingat bahwa fungsi utama dari AC adalah untuk mampu mendinginkan ruangan di sekitarnya.

Manfaat berikutnya yang bakal Anda dapatkan adalah AC menjadi lebih hemat dan juga udara yang dihasilkan lebih bersih. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari kondisi AC yang sudah lebih maksimal dan performa mesin lebih baik. Dengan kondisi tersebutlah yang kemudian membuat biaya menjadi lebih hemat dan juga udara yang dihasilkan juga bisa lebih bersih.

Kurang Freon Terjadi Jika AC Bocor
Kesalahan yang dilakukan oleh banyak orang adalah apabila AC yang dimiliki ternyata kurang dingin langsung beranggapan bahwa penyebabnya adalah freon yang kurang. Padahal asal Anda tahu saja bahwa penyebab utama dari mesin AC yang kurang dingin bukanlah freon yang kurang tapi kebersihannya. Soalnya apabila AC tergolong kotor maka performanya juga akan menurun.

Jadi sebenarnya, ketika Anda sudah memesan jasa cuci ac, maka secara langsung Anda sudah merawat dan menjaga kualitas mesin AC sendiri. Terutama kemampuannya dalam menjaga kualitas dingin pada ruangan Anda. Soalnya apabila kebersihan dari mesin AC selalu terjaga maka performanya juga akan selalu bisa maksimal dalam mendinginkan ruangan.

Dalam arti kata lain, Anda tidak perlu dan tidak wajib juga untuk selalu mengisi freon tiap kali AC sedang dicuci. Pengisian freon ini baru diperlukan ketika mesin AC mengalami kebocoran. Terutama kebocoran yang terhitung parah dan dapat dilihat dari besarnya volume air yang dikeluarkan. Hal ini mesti segera diatasi untuk mencegah terjadinya kerusakan pada AC.

Lakukan Pengecekan AC Secara Menyeluruh
Apabila tukang yang berniat untuk mencuci AC sudah datang maka jangan biarkan mereka langsung mencuci AC. Anda sebagai pemilik bisa melakukan perintah untuk melakukan pengecekan AC secara menyeluruh. Bukan tanpa alasan melakukan ini karena dengan melakukan pengecekan AC maka dapat menghindari terjadinya AC yang mengalami bocor.

Soalnya asal tahu saja bahwa risiko AC mengalami kebocoran semakin meningkat ketika sedang dicuci. Terutama ketika pencucian ini tidak melakukan pengecekan terlebih dulu. Soalnya dengan melalukan pengecekan terlebih dulu maka bisa mencegah terjadinya kerusakan. Terutama apabila terjadi keruskana dini cepat diketahui dan cepat untuk diselesaikan.

Hindari Tukang yang Curang
Terakhir adalah bisa jadi penawaran pengisian freon tersebut dilakukan oleh tukang yang curang. Hal ini tentunya dilakukan untuk membuat mereka mendapatkan bayaran yang lebih. Bahkan ada beberapa oknum yang sengaja melakukan kerusakan-kerusakan kecil ketika melakukan pencucian AC.
Hal ini dilakukan tentunya dengan niat agar biaya yang mesti Anda keluarkan lebih dari seharusnya. Para oknum ini tentunya sangat merugikan Anda selaku konsumen. Untuk itulah penting sekali dalam memilih tukang yang tepat dan juga profesional sebelum Anda menggunakan jasanya.

Membicarakan jasa cuci AC yang tepat dan juga profesional maka Anda sudah tidak perlu bingung lagi. Soalnya Anda bisa mencarinya langsung di sejasa.com yang menyediakan berbagai jasa untuk berbagai kebutuhan Anda. Tidak terkecuali kebutuhan Anda yang ingin mencuci AC secara benar dan juga lebih maksimal.

Bagikan

Jangan lewatkan

Haruskah Isi Freon Setiap Cuci AC? Berikut Penjelasannya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.